9 Tempat Wisata di Bandung yang Wajib dikunjungi

Post a Comment
Sejak Dulu, Bandung Sudah Dikenal sebagai kota yang memiliki tempat wisata yang menjadi incaran banyak wisatawan. Letaknya yang dikelilingi oleh pegunungan dan berhawa sejuk, membuatnya memiliki banyak kawasan wisata yang elok dan menawan.

Tidak hanya wisata alam saja, wilayah Bandung dan sekitarnya juga memiliki daya tarik wisata budaya serta mengusung berbagai konsep wisata yang unik di berbagai tempat hiburan maupun tempat wisata kuliner yang dipadukan dengan panorama alam.

Tentunya, konsep wisata unik ini bisa mendorong Anda untuk mengetahui lebih jauh tentang aneka tempat wisata di Bandung yang ditawarkan. Kini saatnya untuk mengajak Anda mengeksplorasi berbagai keunikan tersebut, baca ulasan lengkap rekomendasi tempat wisata di Bandung yang wajib dikunjungi berikut ini.

1. Stone Garden Padalarang

Tempat Wisata di Bandung

Tidak banyak orang mengetahui keindahan yang disuguhkan oleh pemandangan di atas bukit Stone Garden ini. Apalagi bila wisatawan berkunjung di padang bertabur bebatuan ini pada pagi hari saat matahari muncul atau di senja hari saat matahari tenggelam.

Pemandangan yang disuguhkan di tempat wisata di Bandung yang satu ini tampak fenomenal mengundang decak kekaguman pengunjung, setelah menjelajah bebatuan yang terbentuk secara alamiah bekas danau di zaman purba. Tentu tidak disangkal bila dikatakan Taman Batu yang terletak di dataran tinggi di atas bukit ini tidak kalah indahnya dari tempat wisata yang ada di luar negeri.

Setelah sedikit treking melewati bebatuan yang menanjak, Anda bisa menapak dan melihat padang rumput tempat bebatuan yang tegak dengan formasi yang begitu artistik. Keindahan pemandangan yang terhampar luas di antara tanah pertanian penduduk serta langit lepas sejauh mata memandang ini tidak kalah bila dibandingkan dengan Grand Canyon di Amerika yang viral itu.

2. Kawah Putih


Siapa yang belum pernah mendengar nama Kawah Putih yang telah lama identik dengan wisata Bandung? Kawah Putih tepatnya terletak di puncak gunung Patuha, Ciwidey, kawasan Bandung Selatan dan memiliki suhu antara 8 – 22 derajat Celsius.

Untuk mencapai tempat wisata di Bandung yang satu ini, Anda harus melewati perkebunan teh tua yang disebut Gambung. Sebagai salah satu perkebunan teh tertua di Indonesia, suasananya sungguh berbeda dengan perkebunan teh lain seperti yang ada di Puncak atau Lembang.

Keindahannya menyuguhkan pemandangan yang spektakuler dan lain dari yang lain. Warna air danau kawah ini pun bisa berubah-ubah. Bila cuaca sedang terik, terkadang berwarna biru kehijauan.

Kadang warnanya berubah menjadi berwarna coklat susu dan lebih sering berwarna putih saat udara dipenuhi kabut tebal. Pasir dan bebatuan di kawasan danau ini juga berwarna putih, itulah sebabnya danau kawah ini disebut Kawah Putih.

3. De Ranch

De Ranch adalah sebuah tempat wisata di Bandung yang menawarkan pesona berkuda ala koboi, sehingga menjadi tempat wisata favorit anak-anak di Bandung. Lokasinya terletak di Jalan Raya Maribaya yang memiliki udara sejuk dan segar serta dikelilingi oleh pepohonan yang hijau.

Pengunjung yang ingin berkuda akan diberikan kostum ala koboi berupa topi dan rompi. Lalu mereka akan menunggang kuda mengelilingi lokasi De Ranch sambil didampingi oleh pemandu kuda yang telah berpengalaman.

Saat ini terdapat berbagai jenis hiburan di De Ranch, antara lain naik delman, panahan, fun boat, kolam pancing, Gold Hunter, dan lain-lain. Tempat wisata di Bandung ini telah berhasil menjadi salah satu tempat wisata edukatif yang tepat bagi anak-anak. Sementara, anggota keluarga lainnya bisa bersantai di restoran sambil menikmati susu Lembang dan berbagai penganan khasnya.

4. Farm House

Tempat wisata di Bandung ini disebut Farm House karena tempat ini dibangun menyerupai lahan pertanian mini dengan bunga-bunga cantik beserta peternakan mininya. Letaknya pun mudah dicapai karena berada di Jalan Setiabudi yang merupakan jalan utama menuju Lembang, tidak jauh dari Rumah Sosis.

Dengan harga tiket masuk yang terjangkau dan bisa ditukar dengan susu murni atau sosis bakar, di tempat wisata di Bandung ini wisatawan bisa berfoto di spot cantik yang disediakan seperti Rumah Hobbit. Pengunjung bisa bergaya seperti nona Belanda dan berpose di depan rumah model Eropa.

Restoran di tempat wisata ini juga tampil cantik dan model bangunannya pun tak kalah unik. Anak-anak juga bisa sangat betah bermain di sini sambil memberi makan kelinci, kambing, burung, ayam, dan bebek.

5. The Lodge Maribaya

The Lodge Maribaya yang berlokasi di Cibodas Lembang ini, sungguh bersih nan menghijau disebabkan oleh atmosfer dedaunan pohon pinus yang banyak tumbuh di sana. Lokasi tempat wisata di Bandung ini dikelilingi oleh pegunungan yang indah, hutan, dan lembah dengan suasana ala luar negeri.

The Lodge saat ini telah menjadi lokasi favorit sehingga tidak boleh Anda lewatkan bila mengunjungi kawasan Lembang. Di tempat wisata ini Anda bisa menikmati keindahan dan udara yang sejuk, jauh dari pencemaran. Anda juga bisa berfoto selfie di Rumah Pohon dan Mountain Swing (ayunan).

Di tempat wisata di Bandung ini pengunjung bisa melakukan banyak hal, mulai dari naik kuda, petualangan untuk anak, melukis, bersepeda, memberi makan kelinci, hingga aktivitas outbond.

6. Tebing Keraton

Tebing Keraton yang belokasi di Taman Hutan Raya atau Tahura Ir. Juanda di kawasan Dago Pakar ini menyajikan pemandangan yang sangat spektakuler. Banyak wisatawan mengunjungi tempat wisata di Bandung yang sedang hits ini untuk berfoto-foto dan menikmati hamparan keindahan Taman Hutan Raya serta udaranya yang segar.

Anda juga bisa menyaksikan barisan bukit yang tampak menjulang dari kejauhan. Hijaunya alam Taman Hutan Raya dan suasana tenang alam sekitarnya bisa membuat Anda sejenak terlepas dari rutinitas sehari-hari.

Lokasi yang pernah menjadi tempat wisata paling fenomenal pada tahun 2015 ini bahkan dijuluki sebagai tebing Instagram yang eksotis. Terletak di ketinggian 1200 meter di atas permukaan laut, saat menjelang sunrise serta sunset tempat ini akan menjadi begitu eksotis dan romantis sekali.

Jika langit sedang cerah, para pengunjung pun bisa menikmati matahari pagi yang muncul di antara awan yang berkabut. Demikian juga saat matahari tenggelam, langit sore di atas Tebing Keraton akan dihiasi warna keemasan. Para wisatawan biasanya akan menyempatkan diri untuk berfoto dengan latar keindahan alam saat kedua momen tersebut berlangsung.

7. Trans Studio Bandung

Tidak hanya menyajikan tempat wisata alam, Bandung pun memiliki tempat wisata yang memacu adrenalin. Jika Anda menyukai kegiatan sedikit ekstrem dan memacu adrenalin, jangan lupa untuk datang ke Trans Studio Bandung yang berlokasi di Jalan Gatot Subroto, Bandung. Di tempat wisata di Bandung ini terdapat lima jenis wahana yang betul-betul bisa membuat jantung Anda serasa copot.

Ada Roller Coaster model Trans Studio yaitu Yamaha Racing Coaster yang memiliki kecepatan 200 km/jam, dan ketinggian jalur kereta setinggi 50 meter. Lalu ada juga Vertigo yaitu wahana kincir angin raksasa, dengan ketinggian 20 meter.

Wahana Giant Swing setinggi 14 meter, akan membuat perut Anda seperti dikocok-kocok dengan ayunannya yang berputar. Sedangkan Wahana Negeri Raksasa akan menghempaskan tubuh Anda bak dari ketinggian gedung lantai lima. Bagi Anda yang ingin uji nyali, silakan masuk ke wahana Dunia lain yang menghadirkan hantu-hantu dari seluruh Kota Bandung. Seru bukan?

8. Wisata Foto Terbalik / Upside Down World

Anda penasaran dan ingin berpose terbalik di dalam ruangan tanpa takut terjatuh? Jika ingin berfoto dengan gaya seperti astronot di luar angkasa ini, tinggal mampir saja ke Upside Down World yang berlokasi di Dipati Ukur, Coblong, Bandung.

Konsep yang disajikan oleh tempat wisata di Bandung ini memang unik, sehingga berhasil menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung. Anda bisa berfoto terbalik dengan latar ruang tidur, dapur, kamar tamu, dan lainnya sesuai tema yang diusung.

Pengunjung bisa berfoto anti mainstream di tempat wisata di Bandung ini dan tidak perlu khawatir dengan keamanannya. Semua properti yang digunakan telah ditata sedemikian rupa sehingga keamanan Anda terjamin. Pengarah gaya juga akan mengarahkan gaya Anda saat berfoto atau Anda bisa melihat contoh foto yang sudah ada, asyik bukan?

Jangan lupa untuk berdandan dan memakai baju yang catchy saat berfoto, agar hasilnya tidak mengecewakan. Sayang bila Anda menyia-nyiakan kesempatan yang jarang ada ini!

9. Grafika Cikole

Grafika Cikole yang terletak di kawasan Lembang ini merupakan tempat wisata, penginapan, dan restoran yang cocok untuk rekreasi keluarga. Lokasi yang dikelilingi oleh hutan pinus seluas 9 hektar seperti di Bogor ini sangatlah cocok untuk kegiatan outbond keluarga, instansi, dan sekolah.

Terletak di ketinggian 1400 meter di atas permukaan laut, kawasan ini memiliki hawa yang sejuk dan segar. Selain outbond, Anda juga bisa melakukan berbagai kegiatan seperti petik strawbery, treking, bermain di rumah pohon, flying fox, berkemah hingga foto pre-wedding.

Para pengunjung juga bisa memilih tempat makan yang menjadi fasilitas dari tempat wisata ini, misalnya Saung Lesehan. Restoran ini berada di antara bukit hutan pinus dan merupakan rumah makan pondok terbuka. Gaya bangunannya mirip dengan saung lesehan di persawahan yang berlantai kayu dengan pagar setinggi betis dan beratap rumbia. Tempat ini diperuntukkan bagi tamu perorangan maupun keluarga.

Sedangkan, Pendopo Hutan merupakan bangunan di alam terbuka yang berada di kawasan hutan pinus di atas perbukitan. Pendopo Hutan disediakan untuk tamu pondok wisata dengan kapasitas hingga 100 orang.

Bagi rombongan yang lebih besar, bisa memilih Restoran Sunda dengan balkon menghadap ke bukit hutan pinus. Ruangannya bisa menampung 200 orang dan dilengkapi dengan live music, 16 toilet, musala dan area parkir yang bisa menampung 24 bus wisata. Sementara Aula Dayang Sumbi digunakan untuk wisata rombongan dengan kapasitas hingga 600 orang.
Dicky Blog
Usia Bukan Sebuah Halangan Untuk Berkarya Tetap Kuat Menjalani Kehidupan Awali Hidup Dengan Senyuman

Related Posts

Comments

Subscribe Our Newsletter