7 Cara Agar Akun WhatsApp Tidak Bisa Disadap

Post a Comment
Cara Agar Akun WhatsApp Tidak Bisa Disadap

Tips Melindungi Akun WhatsApp dari Penyadapan

WEBDIKIJRR – Untuk sekarang ini aktivitas peretasan akun sudah marak terjadi di berbagai macam tempat, kemarin lalu akun Facebook yang ada di Twitter telah kena retas oleh OurMine. Namun di sosmed sepertinya tidak terlalu masalah, namun kalau di WhatsApp harus sangat diwaspadai agar tidak terekspose data pribadi kita.

Meski sudah ada sistem enkripsi, beberapa cara tetap saja bisa menembus keamanan tersebut, dan kebanyakan disebabkan oleh keteledoran pengguna itu sendiri. Nah, apa saja tips agar akun kalian tidak mudah disadap pihak lain? Simak pembahasan lengkapnya berikut ini.

Tips Mencegah Penyadapan Akun WhatsApp

Periksa WhatsApp Web

Ada kalanya yang melakukan penyadapan ini orang terdekat kalian sendiri, dan mereka masuk melalui W.A. Web. Oleh karenanya, kalian jangan lengah dan rutin memeriksa akses masuk ke layanan Desktop ini. Caranya yakni klik ikon titik tiga di pojok kanan atas>> WhatsApp Web, keluar dari semua perangkat.

Aktifkan Two Step Verification

Selanjutnya kalian bisa aktifkan fitur ini, agar nantinya ketika akun kalian diaktifkan di perangkat lain akan diminta untuk memasukkan enam digit PIN. Kalaupun lupa bisa melakukan restore pada alamat email. Cara mengaktifkannya yakni masuk Settings>> Account>> Two Step Verification>> Enable.

Jangan Pernah Kirimkan Kode OTP ke Orang Lain

Ketika kalian menerima sebuah pesan One Time Password (OTP), jika bukan anda yang melakukannya, jangan pernah memberikannya kepada orang lain ataupun membalasnya. Sebab, untuk kode OTP ini merupakan salah satu langkah pengambil alihan akun kalian oleh orang lain.

Kurangi Aktifitas Saat Pakai WiFi Publik

Kita tidak dapat mengetahui siapa saja yang tengah terhubung ke WiFi Publik, ada kemungkinannya kalau di 1 jaringan ada sosok peretas yang handal, jelas akan membahayakan banget. Jadi, ketika terhubung ke WiFi publik apalagi gratis, harap matikan akun kalian saja.

Jangan Pasang Aplikasi Serupa

Biasanya pengguna akan tertarik pada fitur yang tidak dimiliki oleh aplikasi resmi WhatsApp, hingga pada akhirnya mencoba aplikasi besutan vendor lain. Jelas ini membahayakan banget, sebab bisa-bisa percakapan kalian tidak terlindungi dan malah menimbulkan banyak masalah lain. So, jangan pernah sekali-kali mencoba aplikasi lain selain dari WhatsApp.

Pasangi Kunci Aplikasi

Fitur ini telah ditawarkan oleh pihak WhatsApp dalam aplikasinya, sehingga memungkinkan pengguna untuk mengunci aplikasi agar tidak dibuka oleh orang lain yang merupakan teman terdekatnya. Fitur fingerprint ini bisa diaktifkan melalui menu Setting.

Deaktivasi Akun

Langkah terakhir yang bisa dilakukan ketika akun telah diretas yakni melakukan deaktivasi. Kalian bisa mengirim email ke[email protected], dan setelah dilakukan validasi maka akun secara otomatis akan dihapus.

Itulah ketujuh tips agar kalian terhindar dan mengetahui cara bagaimana ketika akunWhatsApp telah diretas oleh orang lain. Bagaimana, sangat mudah dan sederhana bukan?

Dicky Blog
Usia Bukan Sebuah Halangan Untuk Berkarya Tetap Kuat Menjalani Kehidupan Awali Hidup Dengan Senyuman

Related Posts

Comments

Subscribe Our Newsletter